Powered By Blogger

Kamis, 24 Mei 2018

Budaya Organiasi


Budaya Organiasi

            Budaya oragnisasi yang kuat adalah kunci keberhasilan suatu organiasi. Budaya organiasi adalah suatu istem bernbagi arti yang dilakukan oleh para anggota yang membedakan suatu organiasasi dengan organisasi lainnya. Budaya organiasi yang kuat akan terlihat pada para aggota yang dapat menaati setiap budaya atau peraturan yang ada di organisasi tersebut. Bahakan samapi hal terkecilpun akan sangat diperhatikan oleh anggota jika budaya organsiasi telah kuat dalam organiasi tersebut.
            Setiap organisasi tentunya memiliki budaya organiasi yang berbeda beda, karena itulah salah satu yang membuat suatu perusahaan dari perusahaan lain. Budaya organisasi yang kuat akan membuat setiap anggota lebih komitmen dengan apa yang menjadi tugasnya. Budaya organisasi dapat menciptkan lingkungan kerja yang baik dan positif, karena budaya organiasi akan menciptakan suatu norma yang mana jika ada anggotanya yang melanggar norma terebut akan merasa malu yang mana hal tersebut dapat menjadi kontrol sosial untuk anggota.
            Sebagai contoh ketika budaya pada suatu organiasi adalah masuk kerja tepat pada waktunya, ketika salah satu anggota yang melanggar budaya tersebut tentu akan membuat anggota tersebut intropeksi diri karena adanya norma yang membuat dia mungkin akan dibicarakan oleh anggota lain, sehingga akan menimbulkan rasa malu dan membuat anggota tersebut berusaha untuk tidak mengulangi kesalahnnya.
            Budaya organiasi tidak cukup hanya diucapkan dan ditulis untuk menjadi kebiasaan dan kebiasaan pada organiasi, tetapi harus diterapkan, dijelaskan dan dibiasakan kepada setiap anggota, agar setiap anggota dapat memhami budaya organiasi yang ada, tidak sekedar mengetahui tetapi dapat memahami dan sadar dari dalam nurani tentang budaya organiasi yang ada.
            Budaya organiasi yang kuat akan menciptakan budaya komunikasi, sosialisasi, kedisiplinan dan Bahasa yang baik pada setiap anggota. Yang mana hal tersebut tentu sangat berkontribusi pada majunya suatu organisasi. Untuk dapat menciptakan budaya oragniasi yang kuat tidak dapat dibentuk dalam waktu yang singkat tetapi haru ditanamkan sejak dini dan berkelanjutan agar setiap naggota dapat memahami hingga dalam nurani dan dapat menerpakan budaya organiasi setiap hari ketika di dalam organiasi.
            Budaya organisasi yang kuat akan membawa organisasi pada sebuah kesuksesan  dan dengan budaya organiasi yang kuat tujuan organisasi dapat tercapai dengan mudah, karena itu budaya organisasi yang kuat sangatlah penting bagi keberlangsunagn suatu organiasi untuk dapat bertahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar