Powered By Blogger

Kamis, 24 Mei 2018

Dasar Pada Struktur Organisasi


Dasar Pada Struktur Organisasi

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki struktur. Tanpa adanya struktur tentu setiap kegiatan organisasi atau perusahaan akan menjadi kacau karena tidak adanya kejelasan tugas dalam bekerja.
Tetapi apakah yang dimaksud dengan struktur organisai itu sendiri ? dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam struktur organisasi ? . Struktur organisasi adalah suatu susunan komponen – komponen atau unit – unit kerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Struktur organisasi menunjukkan adanya adanya pembagian kerja dalam organisasi, selain itu struktur organisasi juga menunjukkan kapasitas perintah, spesialisasi kerja, saluran perintah dan kewajiban untuk tanggung jawab pekerjaan. Sedangkan hal- hal yang harus diperhatikan dalam struktur organisasi adalah : spesialisasi kerja, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi atau desentralisasi, formalisasi.
Struktur organisasi memiliki beberapa fungsidalam sebuah organisasi yaitu diantaranya dalah : kejelasan tanggung jawab, kejelasan kedudukan, kejelasan mengenai jalur hubungan, dan kejelasan uraian tugas. Dengan adanya struktur organisasi dan fungsi – fungsi struktur organisasi maka segala kegiatan organisasi akan berjalan dengan baik. karena itu struktur organisasi sangatlah penting untuk suatu organisasi, tanpa adanya struktur organisasi suatu organisasi akan menjadi kacau dan bahkan dapat berujung pada bubarnya organisasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar