Powered By Blogger

Kamis, 24 Mei 2018

Kepemimpinan


Kepemimpinan
                        Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap oraganisasi atau perusahaan tentu harus memiliki seorang pemimpin, karena tugas pemimpin dalam sebuah organisasi/perusahaan sangatlah vital. Untuk mengatur,mengarahkan, membuat kebijakian dan lain – lain itu semua adalah tugas atau kewajiban seorang pemimpin.
            Sebenarnya apakah kepemimpinan itu? Apakah setiap orang dapat menjadi pemimpin? Apakah syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang pemimpin?. Pertanyaan – pertanyaan seperti itu sering kita temui ketika mebahas tentang kepemimpinan.
            Suatu teori menyatakan bahwa kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok menuju pencapaian sebuah visi atau tujuan yang ditetapkan. Sedangakan teori lain mengatakan bahwa kepemimpinan adalah suatu kualitas khusus yang dimiliki beberapa orang yang dapat memungkinkan mereka untuk memerintah,memngaruhi dan memimpin orang lain. Sedangkan kualitas yang harus dimiliki sesorang untuk dapat menjadi pimpinan diantaranya adalah: rasa tanggung jawab, kharisma atau wibawa, kemampuan intelektual, bakat untuk berorganisasi. Jika seseorang memiliki kualitas seperti diatas maka orang tersebut layak untuk dijadikan pimpinan. Karena jika seseorang yang tidak memiliki kualitasn untuk menjadi pimpinan tetapi justru dia yang menjadi pimpinan, akan sangat berbahaya bagi kehidupan organisasi itu sendiri.
            Dewasa ini banyak kita temui sesorang yang berada pada posisi atas atau pimpinan tetapi justru menyalahgunakan  posisi yang ia emban,sebagai contoh seorang gubernur melakukan tindak pidana korupsi. Padahal seharusnya seorang pimpinan itu menjadi contoh bagi anggotanya karena jika pimpinan tidak baik dalam bekerja bagaimana mungkin anggotanya dapat baik dalam berkerja dan hal tersebut adalah salah satu faktor penghambat kemajuan suatu organisasi atau perusahaan.
            Sayangnya saat ini sering juga kita temui seseorang yang berada pada posisi atas dan dapat memerintah tetapi tidak memiliki keterampilan sebagi pimpinan, karena saat ini ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkankan posisi diatas, tetapi kualitas sesorang untuk menjadi pimpinan yang baik tidak dapat didapat dengan instan karena itu adalah bakat sesorang untuk menjadi pemimpin. Pemimpin yang sejati adalah pemimpin yang dapat mengarahkan dan memerintah anggotanya tanpa adanya tekanan dan rasa takut.
            Sebagaimana telah dijelaskan ditas bahwa untuk menjadi seoorang pemimpin harus memiliki kualitas yang kuat dan lebih baik dari orang lain, karena untuk dapat menjadi seorang pemimpin yang sejati dan dapat memberikan perintah dan tetat mendapatkan hormat dari anggota diperlukan kualitas dalam diri yang baik. karena itu carilah ilmu dan pengalaman demi mengasah kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar