Powered By Blogger

Selasa, 24 April 2018

Keragaman Dalam Organisasi


Nama : Ihsan Bahtiar B.P
Nim    : 17104090049


Keragaman Dalam Organisasi

           
            Dewasa ini banyak kita temui berbgai konflik yang disebabkan oleh perbedaan atau keragaman, mulai dari agama,suku,ras dan lain sebagainya hal tersebut dapat terjadi karena gagalnya masyarakat dalam memahami perbedaan dan keragaman padahal sesungguhnya perbedaan dan keragaman ini dapat menjadi hal yang baik dalam organisasi dan masyarakat, karena dengan adanya keragaman tentu dapat memberikan pandangan, kemampuan dan bebrbagai hal untuk mengatasi masalah dalam suatu organisasi, tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa keragaman dapt menimbulkan berbagai masalah yang cukup serius bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa isu yang berbau tentang sara sangat sensitiv dan dapat menimbulkan konflik yang serius.
            Tetapi sebenarnya apakah arti dari keragaman itu? Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat terdapat perbedaan – perbedaan seperti perbedaan sukuras,bangsa, agama ideologi, jenis kelamin dan budaya. Masalah yang dapat timbul dari keragaman dalam oragnisasi atau perusahaan salah satunya adalah diskriminasi, ketika dalam suatu oragnisasi memiliki tingkat keragaman yang tinggi tentu kemungkinan terjadinya diskriminsi akan tinggi juaga, karena sebagian orang ada yang masih memegang teguh budaya etnosentrisme yaitu menganggap budayanya dalah yang paling baik.
            Tetapi jika manajer dapat mengelola keragaman dalam perusahaan atau organisasi hal tersebut akan berdampak baik bagi perusahaan atau organisasi, karena perbedaan budaya dan kemampuan akan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan tau organisasi. Tetapi jika manajer gagal dalam mengella keragaman akan sangat berbahaya bagi organisasi/perusahaan karena akan menimbulkan diskriminasi dalam organisasi/perusahaan tersebut. Karena itulah peran manajer sangat vital dalam menegelola perusahaan/organisasi.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar