Powered By Blogger

Selasa, 24 April 2018

Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individu


Nama : Ihsan Bahtiar B.P
Nim    : 17104090049


Persepsi dan Pengambilan Keputusan Individu


            Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap orang memiliki pengertian yang berbeda terhadap suatu peristiwa/hal yang dialami, meskipun peristiwa yang dialami sama tetapi setiap orang dapat memiliki persepsi yang berbeda terhadapa peristiwa tersebut, sebagai contoh yang terjadi pada peistiwa 9/11 di amerika serikat persepsi warga amerika terhdap Islam mejadi berubah dan pada umat Islam di amerika membuat mereka sadar betapa sakitnya dibedakan karena isu sara. Persepsi terhadap individu dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan individu.
            Tetapi apakah sebenarnya persepsi itu dan apa pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan individu? Persepsi adalah proses individu mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan sensoris untuk memberikan pengertian pada lingkungannya. Tingkah laku dan kepribadian kita tentu akan dinilai oleh orang lain dan tentu hal tersebut akan berpengaruh terhadap persepsi orang terhadap diri kita apakah itu persepsi positif atau negativ. Sebagai contoh adalah ketika seorang manajer dalam suatu perusahaan melihat ada salah satu pegawainya yang bekerja tidak baik dan tidak memiliki etos kerja yang tinggi maka manajer tentu tidak akan memberikan penghargaan terhadap pegawai tersebut bahkan dapt berujung pada pemecatan, ilustrasi diatas menunjukkan bahwa persepsi seseorang berbanding dengan perbuatan yang kita lakukan.
            Sebagaiamana penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa persepi sesorang dipenagruhi oleh beberapa faktor diantaranya kepribadian, suasana, masalah yang dihadapi. Dalam mengambil keputusan manajer harus mempertimabangkan beberapa hal agar mendapatkan keputusan yang terbaik. Kemudian untuk mendapatkan persepsi dalam suatu organisasi atau perusahaan manajer dapat melakukan dengan wawancara, evaluasi kinerja, ekspektasi kinerja dan lain sebagianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar